Kamis, 22 Oktober 2009

Manfaat & Cara Membuat Reading Record


oleh: Peng Kheng Sun
(Salah seorang penggagas Komunitas Q)

            Kita sering mendengar banyak orang mengaku dirinya gemar membaca. Padahal kita tidak tahu secara pasti tingkat kegemarannya membaca. Berapa judul buku atau artikel yang sudah dibacanya? Berapa total halaman yang sudah dibacanya? Atau berapa banyak koleksi bukunya? Selama ini belum ada suatu alat atau cara yang praktis untuk mengukur tingkat kegemaran membaca seseorang. Hal ini membuat pernyataan mereka menjadi sangat relatif.
Orang yang hanya suka membaca majalah dan koran sudah mengklaim dirinya suka membaca, padahal mungkin yang bersangkutan sudah lama tidak membaca sebuah buku pun, dan mungkin hanya sedikit jumlah koleksi bukunya. Bahkan bisa jadi yang bersangkutan sama sekali tidak pernah membeli buku lagi dan memang tidak mempunyai buku sama sekali. Kini dengan membuat Reading Record (RR), kita bisa mengukur tingkat kegemaran membaca kita dengan mudah dan lebih akurat. Demikian juga kita bisa mengetahui tingkat kegemaran membaca orang lain dengan melihat RR yang dibuatnya. Tentu saja di sini kita berasumsi bahwa RR dibuat sesuai dengan aturan mainnya.
RR dibagi menjadi dua jenis, yakni Book Reading Record (Book RR) untuk mencatat buku-buku yang sudah kita baca dan Article Reading Record (Article RR) untuk mencatat artikel-artikel yang sudah kita baca. Book RR adalah suatu metode sederhana yang praktis untuk mencatat judul dan jumlah halaman buku-buku yang telah selesai kita baca. Selain itu, dengan Book RR kita juga mencatat semua buku koleksi kita dan berapa yang masih belum sempat kita baca. Sedangkan Article RR mencatat jumlah artikel yang sudah kita baca serta penulis dan sumbernya. Meskipun sederhana dan mudah membuatnya, RR memberikan banyak manfaat besar untuk komunitas pecinta dan penulis buku.


Manfaat-manfaat RR
1.            Mempermudah distribusi atau pertukaran informasi buku atau artikel
Dengan menggunakan RR untuk mencatat setiap buku atau artikel yang telah selesai dibaca, pembaca bisa mendistribusikan informasi tentang judul-judul buku atau artikel yang sudah dibacanya kepada pihak lain. Sebaliknya kita juga bisa melihat RR pihak lain untuk mencari informasi judul buku-buku atau artikel yang kita perlukan. Dengan adanya RR, baik distribusi maupun informasi judul-judul buku atau artikel menjadi sangat praktis dilakukan.
2.            Mempermudah Menemukan Referensi
Dengan adanya RR, kita akan dengan mudah menemukan berbagai referensi bacaan yang diperlukan untuk menulis karya tulis nonfiksi.
3.            Sebagai Pengukur Minat Baca
RR bermanfaat untuk mengukur keaktifan atau minat baca kita. Dalam RR kita bisa melihat seberapa banyak persisnya jumlah judul dan jumlah halaman buku yang sudah selesai kita baca. Jika kita membuat Article RR, maka kita juga mengetahui berapa artikel yang sudah kita baca.
4.            Untuk Merangsang Minat Baca
RR merangsang pembaca semakin giat membaca dan mencintai bacaan.
5.            Meningkatkan Kemampuan Apresiasi Terhadapa Bacaan
RR meningkatkan kemampuan apresiasi kita terhadap kualitas bacaan.
6.            Mencatat Buku atau Artikel yang Sudah Dibaca
RR merupakan salah satu data diri seperti curriculum vitae (CV), yakni catatan tentang buku atau artikel apa saja yang sudah kita baca.
7.            Mencatat Jumlah Buku Koleksi
RR juga berfungsi untuk mencatat jumlah buku koleksi kita, termasuk menunjukkan buku-buku yang belum selesai dibaca.


Aturan Main RR
Agar pembuatan RR bisa mendatangkan manfaat yang optimal, maka dalam menyelenggarakan RR perlu dilakukan dengan kejujuran dan obyektivitas yang tinggi. Pembaca harus mencatat buku koleksinya atau buku yang dipinjam dengan jujur di RR. Catatlah di RR seperti apa adanya. Isilah ke dalam kolom-kolom di RR judul dan jumlah halaman buku setiap kali kita selesai membaca sebuah buku yang mempunyai ISBN (International Standard Book Number). Bila perlu, berilah nilai terhadap buku yang sudah Anda baca. Penilaian hendaknya dilakukan secara obyektif sesuai dengan apresiasi kita. Tujuan penilaian adalah sebagai dasar apakah kita akan menjadikan buku tersebut sebagai referensi, buku favorit, atau untuk merekomondasikan orang lain membacanya.
Lima macam penilaian:


A. Sangat Memuaskan
B. Memuaskan
C. Biasa
D. Tidak Memuaskan
E. Sangat Tidak Memuaskan
Perlu diingat, bahwa RR berfungsi seperti curriculum vitae (CV) yang sewaktu-waktu mungkin perlu kita berikan atau tunjukkan kepada orang lain. Untuk itu, buatlah RR dengan serapi dan sejujur mungkin agar informatif dan obyektif. Tidak ada gunanya kita membuat RR yang menunjukkan kesan sebagai orang yang gemar membaca, padahal kita bukan orang yang suka membaca dan tidak membaca buku-buku atau artikel yang tercantum di dalamnya. Hal ini akan merusak reputasi kita dan pembuatan RR menjadi tidak ada maknanya. Pembuatan RR hendaknya sesuai dengan aturan main agar RR bisa bermanfaat sesuai dengan yang diharapkan.
Buku yang dicatat di RR
Buku yang dicatat di RR adalah buku koleksi pribadi atau pinjaman yang mempunyai ISBN. RR tidak mencatat bahan bacaan berikut:
·        Buku yang tidak mempunyai ISBN
·        Buku pelajaran yang wajib dibaca
·        Diktat, paper, atau sejenisnya
·        Kamus, ensiklopedia atau sejenisnya
·        Komik, cerita silat atau sejenisnya
·        Majalah, koran, tabloid, atau sejenisnya
·        Brosur, atau sejenisnya
·        Renungan Harian atau sejenisnya
Artikel yang dicatat di RR
            Artikel yang dicatat di RR adalah artikel yang sudah dipublikasikan di media massa seperti koran atau majalah. RR juga bisa mencatat artikel yang bersumber dari internet. RR tidak mencatat berita (news).
Skor  Book RR
Skor RR terdiri dari:
  1. Jumlah judul yang sudah dibaca, misal 23 judul.
2.      Akumulasi halaman, yakni akumulasi halaman buku-buku yang sudah kita baca. Halaman yang dibaca adalah halaman yang mulai dari angka 1 sampai angka halaman terakhir. Misal 6.286 berarti jumlah semua halaman buku yang sudah kita baca adalah 6.286 halaman.
Jika Skor Book RR = 23 – 6.286, artinya kita telah membaca 23 judul buku sebanyak 6.286 halaman.
Jenis  Book RR
Secara garis besar  Book RR dibagi menjadi dua macam, yakni:
  1. RR Buku Umum, yakni RR yang mencatat semua tema buku secara campur aduk hanya dalam sebuah RR.
  2. RR Buku Khusus, yakni RR yang hanya mencatat tema buku tertentu secara tersendiri seperti; psikologi, teologi, pendidikan, dan lain-lain. Masing-masing tema dicatat di RR tersendiri. Bisa juga satu RR mencatat dua tema buku, misal tema: pengembangan diri & kepemimpinan. Sebaiknya RR Buku Khusus tidak mencatat melebihi dua tema. Jika lebih sebaiknya dijadikan RR Buku Umum saja.
Skor Article RR
            Skor RR adalah jumlah artikel yang sudah kita baca, misal 4 artikel.


Jenis Article RR
Secara garis besar  Article RR dibagi menjadi dua macam, yakni:
  1. RR Artikel Umum, yakni RR yang mencatat semua tema artikel secara campur aduk.
  2. RR Artikel Khusus, yakni RR yang hanya mencatat satu atau dua jenis artikel dengan tema tertentu.
Siapa yang Perlu Membuat RR?
            Mengingat manfaat-manfaat RR, pihak yang perlu membuat RR adalah individu yang gemar membaca atau setiap orang yang ingin meningkatkan minat bacanya.
Cara Membuat Book RR
Berikut ini adalah langkah-langkah membuat  Book RR:
1.      Buatlah sebuah tabel dengan program  spreadsheet Excel seperti contoh 1 di bawah.
2.      Isilah nama Anda dan jenis RR (buku umum atau buku khusus). Jika Anda belum memiliki koleksi buku yang banyak, gunakan RR buku umum. Namun jika koleksi buku yang Anda baca banyak, buatlah RR buku khusus.
3.      Isilah kolom Koleksi(Kol) dengan nomor urut dari angka 1, 2,3…dan seterusnya untuk buku-buku koleksi pribadi. Nomor urut terakhir menunjukkan jumlah buku koleksi Anda. Untuk buku pinjaman nomor urut dikosongkan saja atau diblok dengan warna abu-abu.
4.      Isilah di kolom Judul Buku dengan angka 1 jika sudah dibaca, dan biarkan kosong atau diblok dengan warna abu-abu jika belum dibaca. Tuliskan judul bukunya, sedangkan data penerbit dan informasi lain diisi dengan insert comment. Pada kolom Judul Buku juga jika perlu isikan penilaian Anda terhadap buku yang sudah selesai dibaca dengan salah satu dari huruf A (Sangat Memuaskan), B (Memuaskan), C (Biasa), D (Tidak Memuaskan), E (Sangat Tidak Memuaskan).
5.      Isilah kolom Halaman (Hal) dengan jumlah isi halaman buku yang dibaca, yakni dari halaman 1 sampai halaman terakhir. Halaman dengan angka romawi tidak dihitung. Untuk buku yang belum dibaca, kolom ini kosongkan saja atau diblok dengan warna abu-abu..
6.      Isilah kolom Penulis dengan nama penulis buku tanpa mencantumkan gelar penulis, jika perlu gunakan insert comment untuk menulis gelar, nama lengkap jika nama penulis terlalu panjang, atau buku yang ditulis oleh lebih dari satu penulis.
7.      Isilah Tahun Penerbitan buku dengan disingkat dua digit, misal tahun 2009 menjadi 09.
8.      Buatlah rumus untuk menjumlahkan kolom Judul Buku yang dibaca.
9.      Buatlah rumus untuk menjumlahkan kolom Halaman Buku yang dibaca.
10.  Gunakan perintah untuk memunculkan tanggal hari ini, sehingga setiap kali Anda memprint RR maka akan muncul juga tanggalnya yang terbaru.
11.  Gunakan AutoFilter untuk mengolah data.
Untuk lebih jelasnya, perhatikanlah contoh Book RR di bawah ini. Setiap kita selesai membaca buku, catatlah di RR dan jika perlu diprint pada kertas HVS ukuran kuarto atau folio sesuai dengan kebutuhan.


Contoh 1. Book RR yang dibuat dengan Microsoft Excel 2007:
Reading Record (RR) - Peng Kheng Sun                                                       BUKU UMUM
Kol
Judul Buku


Hal
Penulis
Th
1
Alkitab PB
1
A
438
LAI
01
2
Alkitab PL
1
A
1321
LAI
01
3
Buku Pintar Surfing Internet
1
C
190
Haris Supriansyah
08
4
1
C
122
Indayati Oetomo
07
5
Creative Writing
1
B
163
A. S. Laksana
06
6
Daripada Bete Nulis Aja
1
B
225
Caryn Mirrian
05
7
Dunia Kata
1
C
235
M. Fauzil Adhim
04
8
Failing Forward
1
B
307
John C. Maxwell
08
9
1
C
72
Indayati Oetomo
07
10
How To Mind Map
1
B
76
Tony Buzan
04
11
Kiat Sukses Menjadi Penulis
1
C
220
Triton P.B.
08
12
Know Can Do!
1
B
117
Ken Blanchard dkk
08
13
Langkah Mudah Mengembangkan….Weblog



Wahana Komputer
08
14
Memaksimalkan Fasilitas…Microsoft Excell 2003



Madcoms
05
15
Metode Riset Bisnis



Suliyanto
07
16
Mind Map for Business Effectiveness
1
B
245
Sutanto Windura
08
17
Panduan Belajar CorelDraw12



Madcoms
05
18
Pengalaman Rohani Sejati



Jonathan Edwards
03
19
1
C
152
Indayati Oetomo
07
20
Seni Mengukir Kata
1
B
331
Mulyadhi Kartanegara
05
21
Seni Menjual
1
C
178
Ali Arifin
06
22
Sukses Menjual "Kenali Konsumen Anda"
1
C
166
Frans M. Royan
05
23
Teknik Profesional Menggunakan CorelDRAW 12



Dhani Yudhiantoro
05
24
Teori Pengkajian Fiksi
1
B
346
Burhan Nurgiyantoro
05
25
Total Quality Management
1
B
415
Fandy Tjiptono dkk
04
26
Tujuh Jurus Sukses Memulai Usaha
1
B
255
Eni Setiati
07

Buku Pintar Komputer
1
B
228
Hasyim M., ST
08

Menulis Di Media Massa
1
C
314
Paryati Sudarman
08

Rahasia Umur Panjang
1
B
170
 Elizabeth Subrata
04







 

 23

6.286


28 September 2009
Jumlah buku koleksi pribadi (no.urut terakhir)                       Akumulasi halaman yang dibaca
Jumlah buku yang selesai dibaca                                             Tanggal print RR
Contoh RR di atas menunjukkan bahwa saya (Peng Kheng Sun) mempunyai koleksi 26 judul buku. Saya telah membaca 6.286 halaman dari 23 judul buku (3 judul bukan koleksi sendiri, yakni yang nomor koleksi (kol) dikosongkan atau diblok dengan warna abu-abu). Saya mempunyai 6 judul buku yang belum selesai bibaca, yakni yang kolom halaman dan kolom nilai dikosongkan, serta tidak ditandai dengan angka 1 di kolom yang tersedia. Inilah tingkat kegemaran saya membaca, dan judul-judul buku yang telah saya baca. Skor RR ini bisa ditulis 23 – 6.116 (baca: 23 judul sebanyak 6.286 halaman).
Cara Membuat Article RR
Berikut ini adalah langkah-langkah membuat  Article RR:
1.      Buatlah sebuah tabel dengan program  spreadsheet Excel seperti contoh 2 di bawah.
2.      Isilah nama Anda dan jenis RR (artikel umum atau khusus). Jika Anda belum memiliki koleksi artikel yang banyak, gunakan RR artikel umum. Namun jika koleksi artikel yang Anda baca banyak, buatlah RR artikel khusus.
3.      Isilah kolom nomor urut dari angka 1, 2, 3, …dan seterusnya. Nomor urut terakhir menunjukkan jumlah artikel yang sudah Anda baca.
4.      Isilah kolom Judul Artikel dengan judul artikel yang Anda baca. Dan jika perlu isi kolom nilainya juga.
5.      Isilah kolom Penulis, Sumber, dan Tanggal (Tgl) sesuai dengan nama penulis artikel, sumber yang mempublikasikan, dan tanggal terbitnya. Gunakan insert comment jika ada lebar kolom yang tidak muat.
6.      Gunakan perintah untuk memunculkan tanggal hari ini, sehingga setiap kali Anda memprint RR maka akan muncul juga tanggalnya yang terbaru.
7.      Gunakan AutoFilter untuk mengolah data.



Contoh 2. Article RR yang dibuat dengan Microsoft Excel 2007:
No
Judul Artikel

Penulis
Sumber
Tgl
1
Buku & Perpustakaan

Kheng Sun
Bahana
Agt 09
2
Orang-orang Autistis
C
Nurudin
Republika
8 Agt 99
3
Diabetes Juga Terjadi pada Anak
B
Tommy
Nirmala
1 Jan 09
 4
Teknik Menulis Kolom: Esai… 

Farid Gaban 
www.sekolah menulis.com

 5
Vaust Vrancic Manusia Terbang…
A
Satrio
Yunior
27 Apr 08





































28 September 2009 





Tanggal print RR.
 Jumlah artikel yang sudah dibaca.        
Evaluasi RR           
            Untuk mengetahui seberapa banyak buku atau artikel yang telah Anda baca, printlah RR secara periodik, misal setiap tiga atau enam bulan. Kemudian bandingkan RR Anda dari waktu ke waktu maka Anda akan bisa mengevaluasi secara akurat jumlah buku, jumlah halaman buku, atau artikel yang telah Anda baca.

Tidak ada komentar:

SELAMAT DATANG

[blog ini berisi tulisan, karya, dan pemaknaan terhadap perjalanan hidup saya]

Yang telah terbit:..

 

brankas coretan:..


Buku Tamu:


Free shoutbox @ ShoutMix

Jumlah Pengunjung

Powered By Blogger